Jumat, 14 Maret 2008

setting ip address pada linux redhat v9.0

JOBSHEET

Membangun Samba Server Linux RedHat 9.0 dengan client Windows Xp

Nama : Hafiz Nurhuda

Prog. Keahlian : Teknik Komputer

Jaringan

Kelas : XII TKJ

Paket Keahlian : Pengoperasian

Jaringan

Bid. Keahlian : Teknik nformasi

dan Komunikasi

Topik : Konfigurasi Ip Address

pada Linux RedHat v9.0

1. Tujuan

a. Dapat mengkonfigurasi Internet Protocol (IP) Address pada Linux RedHat v9.0

b. Dapat mengetes hasil konfigurasi Internet Protocol (IP) Address

c. Dapat mengetahui fungsi dari Instalasi Internet Protocol (IP) Address.

2. Teori Singkat

Dalam menghubungkan computer kedalam suatu jaringan, perlu adanya media yang menghubungkan antara computer-komputer tersebut. Disinilah peran kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang terpasang didalam computer. Namun pemasangan kartu jaringan tersebut perlu diiringi dengan konfigurasi Internet Protocol (IP) Address atau alamat pengenal. Pemberian alamat pengenal terhadap computer digunakan agar antar keduanya dapat saling berhubungan. Pada Linux RedHat v9.0 biasanya kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) dapat secara otomatis terdeteksi dan tidak perlu menggunakan driver pada saat pemasangan kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang baru terpasang dikomputer.

3. Peralatan

a. Kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) D-Link Fast Eth.

b. Driver Kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) D-Link Fast Eth.

4. Langkah Kerja

Berikut ini adalah langkah-langkah yang digunakan dalam pemberian alamat Internet Protocol (IP) Address pada Linux RedHat v9.0 yaitu :

1. Pastikan kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang akan kita gunakan terpasang dengan baik.

2. Setelah itu lakukan pendeteksian kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang baru terpasang dengan cara masuk kedalam program system setting →network → network configuration.

Gambar 1.1 Halaman Network Configuration.

3. Kemudian lanjutkan dengan memilih New.

4. Selanjutnya akan muncul halaman Select Device Type dalam Add new Device Type, yang berarti kita harus memilih tipe device apa yang baru terpasang dan akan kita konfigurasi , pilih Ethernet Connection untuk konfiguarasi kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang baru kita pasang tadi, lalu Forward.

Gambar 1.2 Halaman Select Device Type dalam Add new Device Type

5. Kemudian akan muncul halaman Select Ethernet Device dalam Add new Ethernet, yang berarti kita akan diperlihatkan kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) mana saja yang telah terdeteksi secara otomatis oleh Linux. Bila ada kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang telah terpasang namun belum terdeteksi kita dapat memilih option Other Ethernet Card, lalu Forward.

Gambar 1.3 Halaman Select Ethernet Device dalam Add new Device Type

6. Setelah itu akan muncul halaman Configure Network Settings dalam Add new Device Type, tempat dimana kita mengatur ip address / pengalamatan internet protocol, untuk mengaturnya pilih option Statically set IP address, lalu Forward bila sudah.

Gambar 1.4 Halaman Configure Network Settings dalam Add new Device Type

7. Selanjutnya akan muncul halaman Create Ethernet Device yang berarti pengaturan dan pendeteksian kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) berjalan dengan baik, lanjutkan dengan memilih Apply.

Gambar 1.5 Halaman Create Ethernet Device

8. Kemudian akan muncul kembali halaman network configuration dengan tanda belum aktifnya pengaturan terhadap kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang telah kita pasang, lakukan pengaktifan tersebut dengan cara memilih Activate, lalu tunggu hingga secara otomatis linux akan mengaturnya.

Gambar 1.6 Halaman Network Configuration dalam keadaan inactive

9. Setelah itu akan muncul pertanyaan tentang kepastian perubahan terhadap pengaturan kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang akan kita aktifkan.

Gambar 1.7 Halaman Information

10. Kemudian akan muncul halaman network configuration yang sama seperti tadi dengan tanda active pada device yang telah kita atur.

Gambar 1.8 Halaman Network Configuration dalam keadaan active

11. Lakukan pengetesan kartu jaringan atau Network Interface Card (NIC) yang telah kita pasang tadi melalui program terminal, pilih system tools → terminal.

Gambar 1.9 Halaman Terminal

12. Ketikan ifconfig pada program terminal tersebut untuk mengetahui keberhasilan konfigurasi ip address yang telah kita lakukan tersebut.

Gambar 2.1 Halaman Terminal dengan ifconfig

13. Selain itu lakukan pengetesan jaringan dengan menggunakan perintah ping terhadap ip address yang akan dilakukan untuk pengetesan, contoh ping 192.168.1.2 (ip address yang dituju)

Gambar 2.2 Halaman pengetesan ip address

14. Jika muncul tulisan 64 bytes from 192.168.1.2 berarti pengaturan berhasil, namun jika Destination Unrechable berarti pengaturan belum berhasil.

Tidak ada komentar: